Masalah Pada Saat Login Email Institusi Anda

Pada saat login email institusi, tidak sedikit dari para pengguna yang menemui kendala. Berikut beberapa masalah dan solusinya ketika anda tidak bisa login,

Contoh Masalah 1 : Verifikasi diri melalui no HP/email sebagai autentikasi

Pada masalah seperti di atas, yang perlu anda lakukan hanyalah memilih menu Dapatkan kode verifikasi atau Hubungi ponsel dengan nomor yang sudah terdaftar di akun email institusi anda, anda dapat melihat 2 nomor terakhir sebagai clue dari nomor HP yang didaftarkan di akun email institusi anda.

Jika sudah memilih 1 diantara 2 menu yang tersedia maka segera cek HP anda yang memiliki nomor yang terdaftar tersebut untuk melihat kode verifikasi yang telah di berikan oleh pihak Google, setelah itu masukkan kode verifikasi dan lanjut. Selamat anda sudah bisa login

Jika nomor HP yang terdaftar tersebut sudah tidak lagi anda gunakan maka segera mengunjungi https://helpdesk.uinmataram.ac.id/. lalu baca petunjuk pengisian form dengan melampirkan identitas diri seperti KTP/KTM untuk perubahan nomor HP aktif

Jangan mencoba memaksa masuk akun email jika terjadi kesalahan saat login

Contoh Masalah 2 : Masukkan Captcha

Pada kondisi masalah seperti di atas, anda harus memastikan terlebih dahulu password email institusi anda sudah benar, jika tidak ada keterangan salah pada password maka anda masukkan password anda pada field password dan masukkan captcha dengan menuliskan karakter yang terlihat di atas field captcha

Untuk contoh di atas, karakter captcha yang harus anda masukkan adalah traemasem. Karakter captcha tentu berbeda untuk setiap sesi, maka dari itu masukkan captcha sesuai dengan yang tampil di halaman login anda dan perhatikan juga huruf besar dan kecil pada captcha.

Jika field password dan captcha sudah terisi, maka silahkan tekan tombol berikutnya

Jangan mencoba memaksa masuk akun email jika terjadi kesalahan saat login, segera menghubungi pihak administrasi email institusi

Contoh Masalah 3 : Salah masuk

Tampilan di bawah adalah tampilan jika anda salah masuk pada saat menambahkan akun email baru

Solusinya adalah kembali sehingga seperti tampilan di bawah ini dan pilih yang google, bukan yang lain

Contoh Masalah 4 : Terlalu memaksakan untuk login

Permasalahan di atas biasanya disebabkan oleh user/pengguna yang terlalu kreatif sehingga mencoba menghalalkan segala cara untuk dapat masuk akun email tersebut padahal sudah diberikan peringatan kesalahan beberapa kali.

Pada 2 permasalahan di atas, sudah dijelaskan bahwa jika terjadi kesalahan pada saat login maka anda harus langsung menghubungi pihak administrasi email institusi anda. Jika tidak maka akan muncul halaman seperti di atas.

Solusi untuk permasalahan di atas yaitu anda bisa memasukkan no HP yang aktif melalui admin email universitas, atau mencoba nya di perangkat lain seperti petunjuk yang sudah diberikan di halaman tersebut.

Contoh Masalah 5 : Tidak ada email atau no hp verifikasi yang terdaftar

Contoh seperti masalah di bawah ini adalah karena user tidak mempunyai email atau no hp yang terdaftar di akun email kampus, silahkan bisa ke https://helpdesk.uinmataram.ac.id/. Setelah user memiliki no hp untuk verifikasi, silahkan login ulang dan verifikasi menggunakan no hp aktif yang telah di daftarkan

Contoh Masalah 6 : Lupa password

Masalah seperti gambar di atas merupakan masalah paling umum untuk para mahasiswa. Masalah di atas dapat diperbaiki dengan mengisi form di https://helpdesk.uinmataram.ac.id/

Silahkan baca petunjuk di halaman web tersebut sebelum mengisi form